OSkQy5jRfLoe3ZSC_s3lf4N5a18 zetyo's blog: Mengatasi Masalah Akibat Instalasi Service Pack 2

18 Oktober 2011

Mengatasi Masalah Akibat Instalasi Service Pack 2

MENGALAMI MASALAH setelah memasang Service Pack 2? Jika ya, coba simak penjelasan berikut untuk mengatasinya.
Situs Web Microsoft (http://support.microsoft.com/defaulth.aspx?scid=kb;enus;885523) belum lama ini memuat artikel untuk mengatasi masalah yang timbul setelah pengguna memasang Service Pack 2. Menurut Microsoft, setelah pengguna memasang Service Pack 2 ini, komputernya secara berulangkali melakukan restart dengan pesan kesalahan: "A problem has been detected and Windows has been shut down to prevent damage to your computer. Technical information: STOP: c0000135 {Unable To Locate Component}. This application has failed to start becauser winsrv was not found. Re-installing the application may fix this problem". Masalah ini menurut Microsoft, akan muncul jika beberapa kondisi berikut terpenuhi: software T.V Media (TvMedia.tvmbho) buatan Total Velocity Corp terpasang dalam komputer pengguna, pengguna belum memasang Critical Update 885523, dan pengguna mencoba memasang Windows XP SP2.

Solusi
MICROSOFT menjelaskan bahwa masalah kompatibilitas antara sofware installer Windows XP SP2 dengan program iklan yang bernama T.V. Media bisa menyebabkan masalh ini. Masalah ini muncul jika pengguna memasang software T.V. Media dalam komputer Windows XP-nya, dan mencoba memasang Windows XP SP2. Jika merestart komuternya, pengguna akan mendapat pesan "Stop error", dan proses instalasi akan gagal.
Pengguna bisa mencegah masalah ini dengan menghapus software T.V.Media. Jika tidak ingin menghapus software tersebut, mereka bisa memasang Critical Update 885523 (bisa diambil dari alamat http://msmvps.com/donna/archive/2004/10/07/15115.aspx/familyid=65875203-cf1b-4d32-8f32-e00d004659f6&displaylang=en.) sebelum memasang Windows XP SP2. File pembaruan ini juga bisa diperoleh dengan cara menjalankan menu Windows Update dari komputer pengguna.
Critical Update ini, menurut Microsoft, akan mencegah munculnya pesan kesalahan tersebut dengan cara menghilangkan masalah kompatibilitas. Namun jika tidak memasang software T.V.Media dalam komputernya, pengguna tidak perlu memasang file pembaruan ini sebelum memasang Serice pack 2.
Sebagai langkah alternatif, pengguna bisa memasang Windows XP SP2. Untuk membuang software T.V.Media dari komputer, bisa dipakai utiliti khusus bernama Adware T.V.Media Removal Tool (KB 886590) yang bisa diambil dari alamat http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?-familyid=f94e8b27-b656-45cd-9668-73134a18231b&displaylang=en.
Jika sofware T.V.Media (TvMedia.-tvmbho) masih berada dalam komputer pengguna setelah proses penghapusan secara otomatis selesai, lakukan langkah ini untuk membuang sofware itu secara manual:

  1. Jalankan komputer dalam Safe Mode
  2. Klik Start*Run*regedit, lalu klik OK.
  3. Cari dan hapus entri TV Media dalam baris registry berikut:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Current\Version\Run,
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Current\Versio\Runonce,
    HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run.
    HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Runonce.
  4. Kemudian, cari baris ini dan hapus dari registry:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes\CLSID\{707E6F76-9FFB-4920-A976-EA101271B25},
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Current\Explorer\Browser Helper Objects\{707E6F76-9FFB-4920-A976-EA101271BC25.
  5. Keluarlah dari Registry Editor, lalu restart kembali komputer dalam Safe Mode.
  6. Klik Start, klik Run, ketik appwiz.cpl, dan klik OK.
  7. Hapus software T.V.Media.
  8. Klik dua kali My Computer, dan cari folder TV Media folder. lalu hapus folder tersebut. Secara default, folder ini terletak di direktori C:\Program Files.
  9. Restart komputer.



Waspadai Trojan. Frutca
SEMENTARA itu, situ Web Symantec (http://securityresponse.symantec.com/avcenter/venc/data/trojan.frutca.html) mengumumkan worm terbaru yang diberi nama Trojan.Frutca. Worm ini dikabarkan menjangkiti aneka versi Windows, seperti Windows NT, Me, XP, dan 2000 dengan ciri-ciri antara lain: menambahkan baris "ProviderID5"="0x00000006", "ProviderFileName5"="avmtapi.tsp", dan "AllProviders"="true" ke antri registry HKEY_LOCAL_MAHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Telephony\Provides, memantau semua proses yang berjalan dan akan menghetikan beberapa proses berdasarkan nama prosesnya, mencoba menggunakan driver CAPI untuk memanipulasi koneksi ISDN, serta mencoba mengirim informasi rahasia secara diam-diam ke komputer penyusup.

Pencegahan dan Penanggulangan
UNTUK MENGATASI Trojan.Frutca, pengguna diminta melakukan hal-hal ini:

  1. Menonaktifkan aneka layanan yang tidak dipakai.
  2. Mengatur server e-mail agar memblokir e-mail yang berisi lampiran berpotensi virus seperti .vbs, .bat, .exe, .pif dan .scr files.
  3. Menonaktifkan System Restore (Windows Me/XP).
  4. Melakukan pembaruan database virus yang dipakainya.
  5. Melakukan scan sistem secara penuh (scan seluruh folder), dan menghapus semua file yang terdeteksi sebagai Trojan.Frutca
  6. Menghapus aneka entri registry yang telah disisipi oleh Trojan.Frutca.


Untuk mendapatkan aneka penjelasan lebih lanjut tentang cara pembasmian dan pencegahan Trojan.Frutca, pengguna disarankan pengujungi alamat http://securityrestponse.symantec.com/avcenter/venc/data/trojan.frutca.html.

Sumber : Infokomputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar